Blog ini merupakan Web-Blog SMAN 1 Bola Kabupaten Wajo sebagai media online untuk guru dan siswa serta umum untuk mendapatkan informasi seputar Akademik

Senin, 23 Januari 2017

Tips dan Trik Lolos SNMPTN 2017



a. Nilai Rapot
SNMPTN tentunya menggunakan nilai rapot untuk seleksinya. Usahakan nilai kalian stabil cenderung naik tiap semesternya. Nilai rapot yang digunakan untuk seleksi itu dari semester 1 sampai 5 (kelas 12 semester 1). Tapi nilai rapot yang tinggi bukan jaminan kalian akan lolos SNMPTN. Kenapa? Baca Nilai rapot besar bukan jaminan lolos SNMPTN. Jika ada yang bertanya “berapa nilai yang dibutuhkan supaya bisa lolos SNMPTN?” Menurut saya minimal rata-rata kalian diatas 85.
b. Jumlah Peminat dan Daya Tampung
Dalam pemilihan Prodi di SNMPTN usahakan kalian melihat  jumlah peminat dan daya tampung jurusan. Kalian bisa melihat Jumlah Peminat dan Daya Tampung di laman SNMPTN. Pastikan kalian melihat jurusan dengan daya tampung yang cukup banyak dan jumlah peminat yang sedikit, ini akan memperbesar peluang kalian untuk lolos. Jika ada yang masih bingung menentukan pilihan jurusan bisa baca review dan prospek kerja jurusan.
c. Pemilihan Universitas
Tiap tahun pasti akan muncul beberapa universitas dengan jumlah pendaftar SNMPTN terbanyak. Usahakan kalian tidak memilih universitas-universitas tersebut di SNMPTN karena akan memperkecil peluang untuk lolos. Jangan lupa tanyakan pada BK,PTN mana saja yang memiliki hubungan baik dengan SMA kalian,hal ini juga akan memperbesar kemungkinan diterima SNMPTN.
d. Alumni
Banyak yang bilang jumlah alumni di suatu universitas juga mempengaruhi peluang kita untuk lolos. Tentunya alumni yang berprestasi dan satu jurusan dengan yang kita pilih. Cara ini sudah saya gunakan dan terbukti bisa meloloskan saya ke PTN melalui jalur SNMPTN. Entah kebetulan atau memang “alumni” menjadi factor penting dalam proses seleksi. Kalian bisa meminta data kakak kelas yang diterima SNMPTN tahun sebelumnya ke BK dan kalian juga bisa bertanya bagaimana prestasi kakak kelas tersebut. Jika IPK alumni sekolah kita tinggi maka itu memperbesar peluang kita masuk dalam PTN tersebut.
e. Persaingan Tingkat Sekolah
Dalam satu sekolah mungkin akan ada lebih dari 200 orang yang mengikuti SNMPTN, pasti ada beberapa siswa yang memilih prodi dan universitas yang sama. Sekarang pertanyaanya, apa mungkin dalam satu sekolah akan ada siswa yang diterima dengan pilihan yang sama? Hal itu bisa terjadi namun kemungkinanya cukup kecil. Sebagai contoh, tahun 2015 di sekolah saya ada 72 siswa yang diterima SNMPTN, hanya 4 orang yang sukses masuk dengan pilihan yang sama, 2 orang di jurusan A dan 2 orang di jurusan B.
Tips dari saya jika kalian ingin memilih prodi usahakan di sekolah hanya kalian yang memilih. Jika ada yang sama dan nilainya lebih besar saya sarankan untuk mengganti pilihan prodi karena kalian akan kalah dalam persaingan tingkat sekolah.
Abdur
Pil. 1: Teknik Elektro Universitas A
Pil.2 : Teknik Sipil Universitas A
Pil.3 : Teknik Elektro Universitas B
Budi
Pil. 1: Teknik Industri Universitas A
Pil.2 : Teknik Elektro Universitas A
Budi memiliki nilai yang lebih tinggi dari Abdur, tapi Budi akan sulit masuk teknik elektro universitas A karena temanya Abdur sudah memilih Teknik elektro di pilihan pertama.
f. Hasil Simulasi SNMPTN
Sebelum SNMPTN resmi dibuka banyak situs-situs atau lembaga bimbingan belajar yang melakukan uji coba/simulasi SNMPTN. Saya pernah mengikuti simulasi SNMPTN dari sebuah bimbingan belajar yang cukup terkemuka. Nantinya kita disuruh untuk memasukan nilai rapot dan pilihan jurusan. Saat itu saya memilih 6 jurusan di 2 universitas dan hasilnya saya hanya lolos di 2 jurusan. Lalu satu dari dua jurusan tersebut saya pilih untuk pendaftaran SNMPTN dan ternyata benar membuat saya lolos SNMPTN 2015. Saran saya ketika ada simulasi SNMPTN ikutilah dengan sebaik mungkin.
g. Prestasi
Saat pendaftaran SNMPTN kalian bisa memasukan maksimal 3 piagam. Jika kalian memiliki lebih dari 3 saya sarankan untuk memasukan yang tingkatnya paling tinggi. Seperti tingkat kota, nasional atau internasional. Saya tidak tahu seberapa berpengaruhnya prestasi di SNMPTN,tapi hal ini mungkin menjadi poin plus bagi kalian. Di SNMPTN 2016 saya memasukkan dua sertifikat finalis dan satu sertifikat penghargaan bisnis dan alhasil saya lolos di SNMPTN 2016.
h. Lomba di PTN Pilihan
Beberapa PTN akan memprioritaskan para siswa SMA yang pernah mengikuti lomba di PTN tersebut ,meskipun lomba di jurusan yang berbeda. Saya sendiri mengikuti lomba jurusan Psikologi dan Bahasa Indonesia, sedangkan saya mendaftar di jurusan Fisika. 
i. Berdoa 
Berdoa adalah hal yang terpenting. Berdoa kepada Tuhan,karena Tuhan tau PTN yang terbaik untuk kita belajar dan dapat menjadi lebih baik di masa mendatang. 

Download Buku Tips SNMPTN

 Sumber: http://www.pengenkuliah.com/2016/08/tips-trik-snmptn-2017-99-persen-lolos.html
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Ramalan Cuaca

Tulis Artikel (Mading Blog)

pasang iklan
Diberdayakan oleh Blogger.